Tips Mengatasi Bau Apek Pada Pakaian

Bau apekKalau sebelumnya kita sudah membahas Cara Mengatasi Luntur Pada Pakaian, sekarang kita akan bahas kenapa sih pakaian bau apek atau berbau kapur barus menyengat. Nah berikut ini Tips Mengatasi Bau Apek Pada Pakaian yang bisa Anda coba…

Beberapa hari sebelumnya, luangkan waktu Anda untuk menyiapkan pakaian yang akan Anda kenakan, terutama pakaian yang telah lama disimpan. Jika pakaian tersebut berbau apek atau berbau kapur barus, Anda masih memiliki waktu untuk mencucinya.
Perhatikan petunjuk perawatan pada label pakaian untuk mengetahui apakah pakaian tersebut bisa dicuci sendiri di rumah atau hanya bisa dicuci kering oleh jasa Binatu atau biasa disebut Dry Cleaning, kalau emang males nyucinya ya bawa saja ke jasa laundry seperti APIQUE Laundry hehe..

– Kalau pakaian Anda kelihatan ada bercak putih itu bisa menandakan baju Anda ditumbuhi jamur, cara menghilangkan jamur tersebut sebisa mungkin menggunakan sikat gigi bekas yang kering yaa.
– Gunakan deterjen berkualitas dengan aroma kesukaan Anda atau Anda juga bisa memakai pewangi cucian secara terpisah.
– Lalu pastikan buih dan residu deterjen telah hilang dengan cara membilas cucian hingga tuntas. Dan untuk mencegah buih berlebihan, gunakan deterjen sesuai takaran yang dianjurkan.
– Langsung keluarkan cucian dari mesin cuci dan langsung keringkan sesuai petunjuk perawatannya.
– Setelah benar-benar kering, setrika pakaian pada suhu yang sesuai, jangan terlalu panas tergantung jenis kain pada pakain tersebut.
– Gantung pakaian di tempat terbuka agar terpisah dari baju-baju lain di lemari Anda. Kini pakaian tersebut berbau segar dan siap Anda kenakan.

Nah untuk cara mencegahnya juga ada nih, mau tau caranya? Yuk disimak bersama..

Sebenarnya sih bukan cuma bau apek yang perlu dicegah, melainkan juga bau kapur barus lemari pakaian Anda. Fungsi utama kapur barus lemari pakaian adalah untuk menyerap kelembaban udara dan mengusir ngengat pakaian (Tineola Bisselliella), bukan untuk mengharumkan pakaian. Sebagian orang menganggap bahwa bau kapur barus pada pakaian menandakan pakaian tersebut tidak terawat, benar nggak sih? Berikut ini tips untuk mencegah bau apek pada baju Anda:

– Cucian perlu dibilas hingga bersih dan tuntas untuk menghilangkan sisa-sisa deterjen pada pakaian Anda.
– Cucian harus langsung dikeluarkan dari mesin cuci ya setelah mesin cuci berhenti berputar dan langsung dikeringkan. INGAT kalau hal ini ditunda-tunda akan timbul bau apek pada pakaian.
– Cucian sebaiknya langsung kering dalam sehari, jadi pandai-pandailah mengatur jadwal mencuci untuk menghindari hujan.
– Pakaian harus benar-benar kering sebelum disetrika atau disimpan. Kalau masih setengah basah jangan langsung disetrika, ini juga menjadi faktor terjadinya bau apek pada pakaian.
– Pewangi pakaian sebaiknya digunakan selama proses mencuci sebelum pakaian dikeringkan. Ini penting juga, Hindari pemakaian cairan pada saat menyetrika.
– Menggantung pakaian lebih baik dari pada menumpuk pakaian terlipat ketika disimpan di dalam lemari. Baju di gantungan lebih mudah mendapatkan aliran udara segar, sedangkan baju yang dilipat justru sebaliknya.
– Tempatkan lemari pakaian di ruang yang tidak terlalu lembab, misalnya di kamar berpendingin udara atau di ruang yang memiliki sirkulasi udara yang lancar.
– Pakaian yang telah lama disimpan perlu diangin-anginkan secara rutin.

Nah sudah tau kan sekarang cara mudah menghilangkan bau apek pada pakaian. Semoga bermanfaat. Selamat mencobaa…
Tapiii… jika Anda tidak punya waktu dan butuh jasa laundry yang sekaligus merawat pakaian Anda, yuk langsung mampir ke APIQUE Laundry atau telpon aja di 021 7883 2756 atau hubungi outlet-outlet APIQUE di sekitar tempat tinggal Anda.

Site powered by Revoluzio. Managed by Jagoanhosting